konsep dasar islam


KONSEP DASAR AGAMA ISLAM

Pengertian Agama Islam.

Secara bahasa agama (dien) berarti taat, tunduk, patuh. Di dalam istilah umum, dien (agama) adalah apa yang dipeluk manusia, diyakini dan tunduk dengannya di dalam hal yang ghaib maupun yang nyata. Sedangkan Islam, secara bahasa berarti pasrah, tunduk dan patuh. Maksudnya tunduk dan patuh kepada apa yang dibawa dan diberitakan oleh Rasulullah n. Islam dapat bermakna umum dan khusus.

Makna umum ; Islam adalah agama semua Nabi dan Rosul Allah, jadi semua Nabi adalah Muslim, lihat (QS.Asy-Syura 13) dan (QS. Al-Maidah : 44). Ada beberapa sebutan untuk agama Islam.

دِيْنُ التَّوْحِيْدِ، دِيْنُ للإِسْلاَمِ، الدِّيْنُ الْحَنَيْفِ، دِيْنُ الْقَيِّمِ، دِيْنُ اللهِ، الدِّيْنُ السَّمَاوِى مِلَّةَ إِبْرَاهِيْمِ، دِيْنُ الْحَقِّ

Agama Islam merupakan agama yang diwahyukan Allah I kepada Rasulullah Muhammad n untuk disebarkan kepada seluruh manusia dan jin di alam semesta ini. Agama Islam ini telah sempurna, sehingga tidak membutuhkan tambahan atau-pun pengurangan. Agama Islam ini telah Allah ridhai sebagai agama bagi semua manusia di dunia ini. Siapa saja yang ber-agama Islam sebagaimana yang diajarkan Rasulullah n kepa-da para sahabat beliau, maka Allah I akan menerimanya (meridhainya). Dan sejak diutusnya Rosulullah Muhammad n, siapa saja yang beragama selain dengan agama yang diba-wa oleh Rasulullah terakhir tersebut, maka agama tersebut di-tolak Allah Ta’ala.

Sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla,

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ اْلإِسْلاَمَ دِينًا فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ ِّلإِثْمٍ فَإِنَّ اللهَ غَفُورُُ رَّحِيمُ.

“Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agama-mu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Ku-ridhai Islam itu sebagai agama bagimu. (QS. Al Maa’ida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s