PERCOBAAN KIMIA SEDERHANA


Foto-0389Percobaan kimia sederhana dengan bahan-bahan sehari-hari

  1. Membuat sendiri kertas lakmus

Bahan dan alat-alat yang diperlukan

½ cangkir buah berry atau arbei

Pita-pita kertas dari karton putih

Mangkuk kecil

Garpu

Air

Sendok teh

Serbek kertas atau tissu

Cara membuat:

Pertama buang tangkai arbei, lalu tempatkan pada mangkuk, lalu lumatkan buah arbei dengan garpu sambil ditambahkan sedikit air untuk mengencerkan selai tersebut. Sampai  seperti jus. Setelah itu celupkan pita kertas kedalam jus arbei, lalu ratakan lapisan jus dengan menggunakan sendok pada permukaan pita. Kemudian selipkan pita diantara ibu jari dan telunjuk lalu tarik supaya jus arbei yang berlebihan terbuang, lalu taruh pita pada serbet kertas hingga kering, kemudian lepaskan butir2 besar arbei atau kulit buah berry yang menempel pada pita (bila ada).

Ket: lakmus arbei ungu hitam ini akan berubah warna merah jambu didalam asam dan menjadi ungu tua dalam persenyawaan alkali atau basa. Lakmus arbei ungu berubah menjadi ungu kemerahan dalam asam yang menjadi ungu kebiruan muda dalam basa.

2.Telur Memantul

Bahan dan alat yang digunakan:

v  2 butir telur mentah dengan kulitnya

v  Segelas air

v  Segelas cuka

Cara membuatnya:

Masukan salah satu telur kedalam air dan telur yang lainnya kedalam cuka, kemudian biarkan selama 24jam. Setelah 24jam kita akan dapatkan telur yang dimasukkan kedalam air tidak berubah, tetapi telur yang dimassukan kedalam cuka berubah, telur itu jika dipegang terasa dan tampak seperti bola karet dan tidak berkulit. Dan jika telur itu dijatuhkan dari jarak dekat kedalam bak cuci akan memantul.

Ket:

Asam cuka bereaksi dengan kalsium karbonat (bahan kulit telur) reaksi ini menyebabkan kulit telur menjadi lunak dan hilang. Menurut para ahli kimia dalam air cuka kulit telur kehilangan kapur. Sedangkan telur yang dalam air tidak bereaksi dengan apapun.

3.TINTA TIDAK TERLIHAT

Gunakan tinta tak terlihat untuk meninggalkan pesan. Mengungkapkan pesan dengan menyentuh api ke tepi atas dengan tulisan, menyebabkan ia membakar diri dalam api membara. Makalah ini dibiarkan tak tersentuh, kecuali untuk menulis api.

Alat dan Bahan

  • kalium nitrat
  • air
  • kertas .

Siapkan Pesan Anda

  1. Campur potasium nitrat ke dalam jumlah yang sangat kecil air hangat untuk membuat larutan kalium nitrat jenuh.
  2. Celupkan kuas, kapas, tusuk gigi, kuku, dll ke dalam larutan dan menggunakannya untuk menulis pesan. Anda ingin memulai pesan atau desain di tepi kertas. Garis pesan harus terus menerus karena kebakaran akan melakukan perjalanan dari tepi kertas sepanjang penulisan. Anda mungkin ingin kembali jejak pesan untuk memastikan ada potasium nitrat pada semua bagian itu.
  3. Biarkan kertas benar-benar kering. Pesan Anda tidak akan terlihat, jadi saya harap Anda tahu di mana ia mulai!
  4. Sentuh tepi kertas, di mana pesan tak terlihat dimulai, dengan ujung rokok yang menyala atau dengan nyala korek api. Pesan akan menyalakan dan membakar api di membara sampai benar-benar terungkap. Jika Anda berhati-hati hanya untuk menerangi tepi pesan, sisa kertas akan tetap utuh.

ATAU

Anda dapat menulis dengan bawang merah yang dibelah lalu anda buat tulisan dengan bawang merah yang telah dibelah pada sisi bawang. Setelah itu anda nyalakan korek api dan bakar kertas di atas api. Tulisan akan terlihat secara perlahan-lahan selamat mencoba…..

4.      ###Membuat Es krim dengan alat sederhana

Bahan-bahan yang digunakan selama pelaksanaan percobaan ialah susu kental manis rasa coklat, es batu, garam, air putih, dan plastik. Prosesnya pertama, susu coklat diseduh dalam air putih biasa kemudian masukan ke dalam plastik dan diikat. Ke dua kita masukkan batu es ke dalam plastik besar. Ketiga susu yang diikat dalam plastik dimasukkan ke dalam plastik yang berisi es batu dan terkahir tambahkan garam dapur setelah itu dikocok maka setelah beberapa lama maka terbentuklah es krim. Ini terjadi karena garam merupakan zat yang termasuk elektrolit kuat dengan adanya muatan positif dan negatif sehingga ini akan mempengaruhi suhu es. Suhu es akan semakin turun. Es mengalami peleburan tanpa adanya penambahan panas, sehingga air yang terbentuk dari peleburuan itu juga bersuhu 0.

4.      ###Dibakar Tapi tidak terbakar

Alat dan bahan yang digunakan ialah alkohol 96% yang diencerkan menjadi 50%, dan uang kertas/kertas biasa. Prosesnya ialah mencelupkan suatu kertas dalam parktiknya kami menggunakan uang kertas yang dicelupkan ke dalam alkohol kemudian dibakar. pada waktu tersulut oleh api uang kertas tersebut akan terbakar namun setelah alkoholnya habis maka akan hilang apinya. Maksud dalam eksperimen ini adalah disekitar kita terdapat suatu zat/bahan yang mudah terbakar dan bersifat menguap (volatil) yaitu salah satunya alkohol.

About these ads

37 thoughts on “PERCOBAAN KIMIA SEDERHANA

  1. yang kertas lakmus dari arbei ini pasti berhasil kan? kalo ngga, biasanya kesalahan terjadi karena apa?
    trus lakmusnya siap digunakan kalo udah kering banget kaya abis di jemur di bawah matahari gitu, apa cuma di usap pake tissu aja?
    bls segera… tq

    • iya jika kita melakukannya pas…dan kertasnya digunakan harus kering…karena jika kurang ditunggu lama jadi kurang meresap ke dalam kertas..sehingga warnanya kurang

      • oh.. aku udah jadi kertas lakmusnya. trus pas aku coba kasih cuka, kenapa perubahan warnanya ga terlalu ketara ya? pas dikeringin jadi sama aja kaya yang sebelum ditetesin apa2..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s